Temui Tomas, Kapolsek Manipa Siap Tingkatkan Pelayanan

Manipa, Indolensa –¬†Untuk menjaga, memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas), serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat diwilayah kepulauan Manipa, Pelaksana tugas (Plt) Kapolsek Manipa, IPDA Edwin Richardo Mangare, menemui tokoh masyarakat (tomas) di tujuh desa yang ada di kecamatan tersebut.

Kapolsek tidak sendirian melainkan didampingi oleh para Bhabinkamtibmas di ketujuh desa. Tujuh desa itu yakni, Desa Luhutuban, Masahoi, Kelang Asaude, Tomalehu Timur, Tumalehu Barat, Buano Hatuputih, dan Desa Tuniwara. Kapolsek disambut dan diterima baik oleh warga terutama para tomas dari ketujuh desa tersebut.

Bacaan Lainnya

Plh Kapolsek Manipa, IPDA Edwin Richardo Mangare mengatakan, kunjungan desa itu merupakan silaturahmi, dalam rangka mendekatkan diri dengan masyarakat.

“Hari ini (Sabtu 2 Maret), kami silahturahmi, kunjungan sekaligus patroli dialogis ke tujuh desa. Perkenalkan diri sebagai Plt Kapolsek Manipa, harapannya agar hubungan silahturahmi yang selama ini sudah di bangun dengan baik agar tetap di jaga dan lebih ditingkatkan lagi,”kata dia, kepada Tribrata News, seusai melakukan kegiatan tersebut, Sabtu (2/3/2024).

Menurutnya, pemeliharaan Harkamtibmas di wilayah Manipa, tidak akan berjalan dengan baik tanpa ada dukungan dan suport dari masyarakat.
“Pertama pemeliharaan kamtibmas ini bukan menjadi tanggungjawab aparat keamanan sendiri, melainkan tanggungjawab seluruh elemen teristimewa masyarakat. Masyarakat punya peran yang sangat luar biasa untuk harkamtibmas ini, sehingga sebagai Plt Kapolsek wajib menemui masyarakat,”terangnya

Perwira dengan satu balok dipundaknya ini menegaskan, Polsek Manipa akan tetap terbuka menerima saran serta masukan dari masyarakat di Kecamatan Kepulauan Manipa.

“Polisi hadir untuk melayani masyarakat untuk itu kami (Polsek-red), selalu terbuka dan siap menerima masukan, kritik dan saran baik secara langsung maupun tidak langsung untuk lebih meningkatkan harkamtibmas agar tetap aman kondusif,”tegasnya.

Mangare mengaku, Polsek Manipa tidak bisa berhasil dalam menjaga harkamtibmas apabila tidak ada campur tangan dari unsur Pemdes, Pemdus, tokoh agama (toga), tomas, tokoh adat (toda), tokoh pemuda (toped), serta masyarakat Manipa secara keseluruhan.
“Apalagi ini masih dalam suasana Pileg, kemudian sudah mau memasuki bulan suci Ramadhan, sehingga peran seluruh elemen sangat diutamakan,”ajaknya.

Dia juga menyampaikan, permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Manipa, apabila dalam proses pelayanan selama Polsek Manipa tidak maksimal.
“Untuk itu kami perlu adanya masukan serta saran untuk sama-sama kami bisa benahi agar pelayanan kepada masyarakat bisa efektif dan baik. Apabila ada persoalan harkamtibmas di Desa dan Dusun agar dpat berkoordinasi dengan petugas Bhabinkamatibmas yang sudah ada di Desa. Polsek Manipa juga siap wujudkan program Basudara Manise di Kepulauan Manipa,”tandasnya.

Sementara itu, para tomas, dan toga yang diketahui desa itu menyambut baik apa yang dilakukan oleh Plt Kapolsek itu.
Imam masjid desa Luhutuban, Husen Nussy mengatakan, seluruh masyarakat Luhutuban menerima dengan baik kehadiran Plt Kapolsek Manipa yang baru dan akan membangun komunikasi serta kerjasama yang baik antara Polri dan tokoh agama.

“Terima kasih pak, karena pak Kapolsek sudah langsung datang kepada kami. Kami merasa sangat bangga sebab baru saja tiba di Manipa langsung temui kami,”kata dia.

Sekdes Luhutuban, Rajab Wael mengharapakan agar Polsek Manipa ada kerjasama yang baik antar anggota Polsek Manipa dengan BPD Luhutuban sehingga bisa sama-sama menciptakan harkamtibmas yang aman dan kondusif.

Kades Masahoi, Ibrahim Nuruly menyampaikan, berterima kasih karena Plt Kapolsek Manipa telah turun langsung berhadapan dengan Pemdes dan berbincang terkait dgn harkamtibmas.
“Selama beberapa tahun terakhir ini, baru ada lagi Kapolsek yang datang temui kami dan berdiskusi mengenai kamtibmas dan keluhan masyarakat,”ujarnya.

Kades Tomalehu Timur, Agus Walaiyah mengaku, akan bersama – sama untuk menjaga siskamtibmas di desa dengan saling berkoordinasi antar pemdes dan pihak Polsek.

Sekdes Tuniwara, Abdullah Prawira mengapresiasi, kehadiran Plt Kapolsek Manipa serta anggota Polsek Manipa ditengah-tengah masyarakat.
“Kami apresiasi karena telah berkunjung langsung ke Desa kami, dengan harapan kami Pemdes akan membantu pihak Polsek Manipa dalam menjaga harkamtibmas agar tetap aman kondusif,”pungkasnya. (*).

banner banner

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *