Miris,,!! DD Besar Belum Tentu Masyarakat Sejatrah,,Apa Yang Salah,,??

Processed with MOLDIV

Simalungun Indolensa.com

Medan terjal tidak menyurutkan tiem media indolensa, untuk melakukan kunjungan ke Nagori Sihaporas yang ada di kecamatan Pematang Sidamanik kabupaten Simalungun, Rabu 31/01/2024

Bacaan Lainnya

Jarak kurang lebih 28 kilometer ke barat Kota Pematang Siantar, atau sekitar 5 km dari tepi Danau Toba, Sipolha. Desa Sihaporas dimekarkan awal 2000-an, dari Desa Jorlanghuluan, tak lama setelah Kecamatan Pematang Sidamanik terbentuk, pemekaran Kecamatan Sidamanik.

Nagori Sihaporas berada di kecamatan Pematang Sidamanik terdiri dari Huta (dusun) I Sihaporas Bolon, II Sihaporas Bayu, III Gunung Pariama, IV Aek Batu, V Lumban Ambarita di pimpin sosok pangulu bermarga Manik.

Saat tiem media indolensa sampai ke Nagori Sihaporas pukul 11.00 wib alangkah terkejutnya melihat kondisi lingkungan kantor yang tidak tertata baik,terlihat Pelang kantor seakan tidak pernah di rawat, padahal DD begitu besar di salurkan pemerintah pusat, untuk di kelolah sebaik-baiknya,guna menunjang sektor pembangunan serta di peruntukan untuk kesejahteraan masyarakat Desa.

Bukan itu saja sesuai penuturan masyarakat,bangunan rabat, beton TA 2023 DD terbengkalai,sampai hari ini Rabu 31 Januari 2024 belum terselesaikan,menurut penuturan warga yang tidak mau di sebut namanya.

Apa bila kita merujuk UU Desa No.6 tahun 2014 tentang Desa, pembangunan Desa, penataan dan tata kelola Desa, pemberdayaan desa, pembinaan desa, dan pembangunan wilayah pedesaan yang terintegrasi serta berkelanjutan menuju Desa yang kuat, mandiri, demokratis, sejahtera dan berkeadilan.itu terbantahkan di Nagori Sihaporas.

Fakta di lapangan Nagori Sihaporas terkesan terisolir baik dari aspek pembagunan infrastruktur maupun suberdaya manusia yang mengarah kepada kesejahteraan masyarakat Desa.hal ini menimbulkan banyak tanya apakah DD yang begitu besar tidak mampu di kelola atau faktor pemimpin yang tidak mampu mengelola DD dengan baik

Saat awak media mencoba menghubungi pangulu Sihaporas melalui sambungan via seluler,ia mengatakan sedang ada di luar,lebih tepatnya ada di rumah sakit,menurut pengakuan pangulu anaknya lagi saki, atau cuman alasan menghindari awak media indolensa.com.itu yang menjadi pertanyaan besar..??

Red: Arif

banner banner

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *