Pemkab Nagan Raya Peringatan Hari Bela Negara ke-75

Nagan Raya – Pelaksanaan upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-75 di Kabupaten Nagan Raya berlangsung khidmat.

Upacara dipimpin Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP, S.Sos.,M.Si, berlangsung di halaman Kantor Bupati Komplek Perkantoran Suka Makmue, Selasa 19/12/2023.

Bacaan Lainnya

Peringatan Hari Bela Negara kali ini mengusungkan tema ‘Kobarkan Bela Negara’ itu ikut dihadiri unsur Forkompimda, para Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Kepala SKPK, Camat, pejabat eselon III dan IV, TNI/Polri serta ASN dilingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat.

Pj Bupati Fitriany Farhas saat membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, menyebutkan, tantangan kedepan semakin tidak terduga, kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata, seperti pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara.

“Sebagai warga negara harus memiliki jiwa bela negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu,” ujar Pj. Bupati.

Dikatakan, semangat bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat.

“Ini merupakan tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ucapnya.

Menurutnya, bela negara bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari- hari.

“Setiap tindakan, sekecil apapun yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud kongkrit bela negara,” kata Pj. Bupati.

Pada kesempatan yang sama, Fitriany Farhas menyampaikan terima kasih kepada jajaran TNI AD yang telah menghibahkan tanah untuk Sekolah Dasar Negeri 1 Jeuram dan Taman Kanak-Kanak (TK).

“Beberapa hari yang lalu, kita telah menerima hibah dari TNI AD, yaitu tanah di Sekolah Dasar Negeri 1 Jeuram dan TK. Itu adalah salah satu wujud bentuk kepedulian TNI, karena selama ini tanah tersebut aset mereka,” ucap Fitriany.

Ia menyebutkan, dengan dihibahkannya tanah tersebut kepada Pemkab Nagan Raya, bangunan sekolah yang saat ini di nilai sudah mulai rapuh, kedepan pemda setempat akan mudah melakukan perbaikan tanpa ada kendala.

Selain itu, terkait pemilu tahun 2024, Pj Bupati menyampaikan, untuk tahun depan ada sejumlah kegiatan di beberapa satuan kerja perangkat kabupaten (SKPK) dilakukan rasionalisasi anggaran, mengingat anggaran pemilu tidak diturunkan pemerintah pusat, tetapi harus dialokasikan melalui anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) sendiri.

“Untuk itu, mungkin ada sejumlah kegiatan yang harus kita rasionalisasikan di beberapa SKPK, termasuk apabila kemungkinan yang sangat fatal kita mengalami devisit yang cukup besar, maka mungkin Tambahan Penghasilan Pengawai (TPP) juga akan disesuaikan kembali, tetapi itu alternatif terakhir,” imbuhnya.

Ia berharap, masalah ini tidak menurunkan semangat dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Nagan Raya.

“Setidaknya ini adalah keinginan kita untuk demokrasi secara naluri untuk menghadirkan pemimpin yang baik dan handal kedepan,” pungkasnya.

Usai upacara, Pj Bupati Fitriany Farhas memberikan apresiasi dan penghargaan kepada tiga peserta upacara yang telah menunjukkan sikap sempurna saat upacara berlangsung, yakni, Serma Budiman, personil Kodim 0116/Nagan Raya, kemudian Bripda Rio Simahate, personil Polres dan Raja Sayang merupakan PNS pada DPMPTSP setempat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *