Dua Polwan Polair Ini Ikut Pelayaran dengan KP Anggada, Kapolda: Wajib Tau Aktivitas di Kapal Polisi

Maluku, Indolensa – Dua anggota Polwan pada Satuan Direktorat Polairud Polda Maluku, mengikuti pelayaran dengan Kapal Polisi (KP) Anggada 7016. Dua Polwan itu yakni Brigadir Siska Ayu Vidyasari, dan Bripda Filicia Septerlinie Baru.

Brigadir Siska Ayu Vidyasari kesehariannya bertugas sebagai Ba Satrolda Polairud Polda Maluku. Sementara Bripda Filicia Septerlinie Baru, bertugas sebagai Ba Bagbinopsnal Airud Polda Maluku.

Bacaan Lainnya

Kedua anggota Polwan Polair itu berlayar dengan KP Anggada dari Kota Ambon, ke Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), sejak Jumat (6/10/2023). Mereka mengikuti pelayaran atas perintah Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif.

Pelayaran perdana dengan KP Anggada yang dilakukan kedua Polwan itu bersamaan dengan kunjungan kerja Kapolda Maluku dalam rangka Safari Kamtibmas Pemilu Damai 2024 di SBT.

“Kemarin saya perintahkan dua anggota Polwan Polair agar wajib mengikuti pelayaran dengan kapal Polair,” kata Kapolda Maluku, Lotharia Latif, Minggu (8/10/2023).

Setiap anggota Polwan Polair, kata Kapolda, wajib merasakan dan mengenal secara langsung setiap aktivitas maupun tugas dan peran saat melakukan pelayaran dengan kapal Polair.

“Mereka wajib merasakan dan mengetahui tugas dan tanggung jawab saat melakukan pelayaran dengan Kapal Polair. Jadi bukan saja Polki, tapi juga Polwan. Apalagi wilayah hukum Polda Maluku adalah daerah kepulauan. Luas lautannya lebih besar dari daratan. Sehingga mereka harus terlatih,” jelasnya.

Saat mengikuti pelayaran, kedua Polwan Polair tersebut dilatih terkait bidang navigasi. Mereka diajarkan tentang pengenalan dan pengoperasian alat-alat navigasi seperti GPS, Kompas, Kemudi Kapal, Radar, Membaring Peta, dan Komunikasi Antar Kapal.

Tak hanya itu, dua anggota Polwan Polair Polda Maluku ini juga dikenalkan mengenai aktivitas pada bidang mesin. Mereka dikenalkan mengenai jenis-jenis mesin induk kapal, dan mesin motor bantu kapal, berikut kegunaan dan cara pengoperasiannya. Kegiatan lainnya yang mereka lakukan yaitu melaksanakan peran tolak sandar kapal.

“Saya sangat bersyukur dan beruntung bisa mengikuti pelayaran bersama KP Anggada dari Ambon ke Bula,” kata Brigadir Siska Ayu Vidyasari.

Dengan keikutsertaannya dalam pelayaran, Brigadir Siska mengaku mendapatkan pembelajaran berharga yang tidak semua anggota Polwan Polair mengetahuinya.

“Saya merasa beruntung, olehnya itu saya menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada bapak Kapolda Maluku. Karena bagi saya, ini merupakan ilmu dan pembelajaran yang begitu berharga,” katanya.

banner banner

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *