Lakukan Safari Kamtibmas Pemilu Damai, Kapolda Disambut Forkopimda SBT

Maluku, Indolensa – Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, yang melakukan safari kamtibmas Pemilu Damai 2024, akhirnya tiba dengan Kapal Polair Mabes Polri KP. Anggada 7016, di Pelabuhan Sesar, Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Sabtu (7/10/2023) sekitar pukul 08.00 WIT.

Kedatangan Kapolda yang didampingi Karo Ops, Karo Log, Direktur Polair dan Direktur Lalulintas ini disambut oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) SBT. Diantaranya Bupati, Kapolres, Ketua DPRD, Kepala Kejari, Ketua Pengadilan, Danki Senapan, maupun Sekda SBT.

Bacaan Lainnya

Kapolda dan rombongan berangkat dari Pelabuhan Ditpolairud Polda Maluku, Lateri, Kota Ambon, Jumat (6/10/2023) pagi. Kurang lebih satu hari perjalanan, rombongan Kapolda tiba di Pelabuhan Sesar sekira pukul 08.00 WIT.

Kunjungan kerja Kapolda disambut langsung oleh Forkopimda setempat. Bupati SBT kemudian mengalungkan kain syal khas SBT dan buket bunga diberikan Kapolres SBT sebagai tanda penghormatan.

Sempat menyapa Forkopimda, Kapolda dan rombongan kemudian melanjutkan perjalanan ke Markas Polres SBT. Ia mengambil apel pagi yang diikuti seluruh personel Polres SBT Maluku.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh personel Polres SBT atas loyalitas dan dedikasinya sehingga sampai saat ini wilayah SBT secara umum dalam keadaan kondusif,” kata Kapolda dalam arahannya.

Orang nomor 1 Polda Maluku itu berharap agar semua personel Polri di kabupaten berjuluk Ita Wotu Nusa ini, senantiasa dalam kondisi prima dan semangat dalam menjalankan tugas dan pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara.

“Hindari pelangaran-pelanggaran sekecil apapun. Saya mengajak kita semua agar saling mengingatkan satu sama lain, saling asah, saling asih dan saling asuh,” pintanya.

Irjen Latif mengakui telah mendapatkan laporan terkait dengan kondisi personel di SBT. Namun, ia berharap meski dalam keadaan kekurangan, tetapi tidak menjadi penghambat menjalankan tugas sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat.

“Saya mendapatkan laporan bahwa personel Polres SBT masih memiliki kekurangan, namun itu bukan sebagai hambatan untuk kita tetap melaksanakan tugas kita sebagai anggota Polri,” harapnya.

Setelah mengambil apel, Kapolda dan rombongan kemudian menuju aula Parama Satwika. Ia juga menyapa personel Polres SBT.

Kepada seluruh personel Polres dan jajarannya Kapolda mengingatkan untuk selalu menindaklanjuti program Presisi Kapolri, Direktif Kapolda Maluku, dan program Basudara Manise.

“Antisipasi dan cegah terjadinya konflik sosial, siapkan early warning system deteksi dini, dan cegah dini terhadap potensi konflik di wilayah masing-masing,” ujarnya.

Kapolda menyampaikan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 telah di depan mata. Sehingga diharapkan kepada seluruh fungsi terkait untuk selalu melakukan antisipasi, dan terus berkoordinasi dengan penyelenggara Pemilu maupun Forkopimda setempat.

“Seluruh personel wajib mengetahui perkembangan sistuasi politik dan junjung tinggi netralitas,” harapnya.

Mengenai pengaduan masyarakat (dumas), Kapolda menekankan agar dapat melakukan respon cepat, profesional dan proporsional.

“Tangani Dumas dengan cepat profesional dan proporsional dan amplifikasi keberhasilan penanganan pengaduan untuk menjawab keluhan masyarakat,” pintanya.

Kepada seluruh personel, Kapolda kembali mengingatkan untuk sebisa mungkin dapat mencegah pelanggaran-pelanggaran sekecil apapun, baik etik maupun pidana. Sebab hal itu dapat menurunkan kepercayaan kepada Polri.

“Tingkatkan managemen media yang proporsional untuk mengangkat citra Polri, dan tingkatkan terus sinergitas dengan rekan-rekan TNI maupun instansi terkait,” pungkasnya.

banner banner

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *