HUT ke-78 TNI di Kota Ambon Berlangsung Meriah

Maluku, Indolensa – TNI yang ada di wilayah Kota Ambon menggelar Upacara dan Syukuran Hari Ulang Tahunnya yang ke-78 di Lapangan Merdeka Ambon, Kamis (5/10/2023).

Dalam upacara peringatan HUT kali ini, melibatkan personil kurang lebih 1000 orang, terdiri dari personil gabungan TNI-Polri, Asn, Satpol PP, Basarnas, FKKPI, Bakamla, Menwa, Pramuka Kwarda Maluku, Siswa SMA dan SMP se-kota Ambon, termasuk 112 Alutsista TNI-Polri seperti, Kendaraan Patroli, Kendaraan Tempur hingga Kendaraan Dapur Lapangan ditampilkan dalam Defile.

Bacaan Lainnya

Rangkaian kegiatan dimulai dari upacara parade, penampilan dance tim tari kreasi Basudara Pattimura, penampilan drumband “Genderang Suling Pattimura”, Defile dan panggung Prajurit. Beberapa penampilan tersebut, turut disaksikan masyarakat, dan menjadikan HUT TNI di Kota Ambon semakin meriah.

Selanjutnya, dilaksanakan pemberian bingkisan sembako kepada masyarakat sekitar, tukang becak, pensiunan TNI dan warakawuri.

Kegiatan yang sama juga, dilaksanakan oleh seluruh prajurit TNI yang ada di jajaran Kodam XVI/Pattimura, baik yang ada di wilayah Maluku maupun Maluku Utara.

Panglima TNI, dalam amanatnya yang dibacakan oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, PSC., M.Tr.(Han)., mengatakan, momentum ulang tahun ke-78 TNI, harus dijadikan sebagai bahan introspeksi untuk berbenah
demi mewujudkan TNI yang profesional, modern dan tangguh.

“Pegang teguh amanat Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI serta jaga terus kemanunggalan dan kepercayaan rakyat kepada TNI, pegang teguh komitmen netralitas TNI, jaga nama baik TNI dimanapun berada”, pesan Panglima TNI.

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam XVI/Pattimura juga menjelaskan, HUT Ke-78 TNI tahun ini mengusung tema “TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”. Dalam tema tersebut terkandung makna bahwa, TNI sebagai komponen utama pertahanan negara yang terdiri Tiga Matra, Darat, Laut dan Udara akan selalu solid, kokoh dan loyal tegak lurus kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“TNI mengucapkan terima kasih kepada negara dan rakyat Indonesia, atas apa yang telah diberikan kepada TNI. Semoga TNI semakin kuat, hebat, profesional, siap mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian. Bersama rakyat TNI kuat, bersama rakyat TNI hebat. Jayalah selalu TNI. Dirgahayu TNI ke-78, Basudara Pattimura”, ujar Pangdam.

Pada puncak acara peringatan HUT, dilaksanakan pemotongan tumpeng oleh Pangdam XVI/Pattimura yang didampingi oleh Danlanud Pattimura dan Danlantamal IX/Ambon, kemudian diberikan kepada Prajurit berprestasi dari ke Tiga Matra.

Usai mengikuti upacara dan syukuran HUT ke-78 TNI, Pangdam XVI/Pattimura dan Kapolda Maluku beserta seluruh pejabat TNI, mengikuti vicon dengan Mabes TNI untuk melihat prosesi HUT TNI yang diselenggarakan di pusat.

banner banner

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *