Polda Maluku Siapkan Pengamanan Pemilu 2024 yang Aman dan Damai

Maluku, Indolensa – Kapolda Maluku Inspektur Jenderal Polisi Lotharia Latif, menekankan kepada seluruh personel Polri di Provinsi Maluku, untuk dapat menyiapkan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) yang aman dan damai.

Hal itu disampaikan Kapolda saat memimpin apel gabungan personel Polda Maluku yang dilaksanakan di lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Kota Ambon, Senin (2/10/2023).

Bacaan Lainnya

Kapolda mengatakan, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo telah memberikan arahan khusus kepada Kapolda dan Karo Ops Polda seluruh Indonesia di Jakarta pada 27 September 2023. Arahan yang disampaikan mengenai kesiapan pengamanan Pemilu serentak tahun 2024.

“Kita seluruh jajaran Polda dan Polres diminta untuk siap personel, peralatan dan semua yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pengamanan nanti dengan kondisi dan situasi apapun,” ungkapnya.

Pemilu mendatang, lanjut Kapolda, memiliki karakteristik yang berbeda. Sebab, nantinya di seluruh Indonesia, Pemilihan Gubernur dan Bupati/Walikota akan dilakukan bersamaan. Olehnya itu, setiap Polda tidak bisa memberikan perbantuan pasukan ke Polda yang lain.

“Olehya itu saya minta kita yang ada di Polda Maluku ini kita kelola perkuatan kita yang ada dengan maksimal, yang diawali dari pemetaan semua wilayah yang berpotensi rawan, sehingga apabila terjadi permasalah dapat dengan cepat kita netralisir agar tidak membesar,” harapnya.

Semua satuan kerja ditekankan untuk dapat meningkatkan peranannya sesuai tupoksi masing-masing. “Setiap masalah itu tidak langsung membesar namun pasti diawali dengan permasalahan yang kecil. Kalau permasalahan yang kecil tidak kita kelola dengan cepat dan baik maka pasti persoalan tersebut akan menjadi besar dan meluas,” katanya mengingatkan.

banner banner

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *