Lalai Matikan Kayu Sisa Masak, Dapur Rumah Warga Semaka Tanggamus Terbakar

Lalai Matikan Kayu Sisa Masak, Dapur Rumah Warga Semaka Tanggamus Terbakar

Indolensa com. Tanggamus – Kebakaran rumah terjadi di Pekon Sudimoro, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus. Rumah yang terbakar milik Muhar (45) di RT 06, pekon setempat, Senin, 02 Oktober 2023, sekitar pukul 11.00 WIB.

Bacaan Lainnya

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, hanya menghanguskan dapur rumah sehingga korban mengalami kerugian senilai Rp5 juta.

Kapolsek Semaka Polres Tanggamus, Iptu Lusiyanto, S.H mengatakan, kronologis kejadian bermula pukul 10.00 WIB, korban merebus air menggunakan tungku masak yang terbuat dari bata dan dengan menggunakan kayu bakar.

Kemudian, setelah selesai memasak air, pemilik rumah mematikan api dengan menyiram kayu bakar tersebut dengan air dan, kayu bakar sisa diletakkan terlalu dekat dengan dinding papan dapur.

Setelah itu, pemilik rumah istirahat tidur, namun sekitar pukul 11.00 WIB, terbangun karena mendengar suara kebakaran dan ia bergegas ke bagian belakang dapur dan terkejut melihat kebakaran yang terjadi.

Korban Ia berusaha memadamkan api dengan menyiram air sambil berteriak meminta pertolongan. Warga tetangga yang mendengar kejadian itu segera datang dan membantu memadamkan api.

“Selang tidak lama kemudian, petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi dan berhasil memadamkan api setelah 30 menit,” kata Iptu Lusiyanto mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Siswara Hadi Chandra, S.I.K.

Kapolsek menyebut, pihaknya telah melakukan langkah-langkah dengan menerima laporan kejadian, mendatangi dan melakukan pengecekan di tempat kejadian, mengumpulkan keterangan dari korban dan saksi-saksi juga mendokumentasikan TKP.

Selanjutnya, berdasarkan penyelidikan yang dilakukan, kebakaran ini terjadi akibat kelalaian pemilik rumah yang tidak memastikan dengan benar bahwa api dari kayu bakar yang digunakan telah benar-benar padam.

“Kayu bakar sisa diletakan berdekatan dengan dinding dapur yang terbuat dari kayu papan, kayu tersebut belum padam sepenuhnya sehingga menyebabkan munculnya api yang kemudian membakar sebagian atap dan dinding dapur,” jelasnya.

Untuk mencegah kejadian serupa, Kapolsek mengimbau masyarakat agar selalu memperhatikan kondisi setelah memasak, khususnya yang menggunakan kayu bakar.

“Mari bersama-sama memperhatikan apabila ada sisa kayu bakar setelah memasak, pastikan benar-benar padam dengan menyiram air serta jauhkan dari bahan yang mudah terbakar,” imbaunya. (*) (Ari)

banner banner

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *