Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Pangdam Pattimura: Upacara Sebagai Pengingat Sejarah dan Penguatan 4 Pilar Kebangsaan

Maluku, Indolensa – Kodam XVI/Pattimura menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila dengan tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju lndonesia Maju”, di Lapangan Upacara Makodam, Minggu (1/10/2023).

Dalam upacara kali ini, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial PSC., M.Tr.(Han)., memimpin langsung dengan bertindak sebagai inspektur upacara, yang diikuti seluruh prajurit dan PNS Makodam XVI/Pattimura. Tidak hanya di Makodam saja, upacara Hari Kesaktian Pancasila ini, juga dilaksanakan oleh seluruh satuan Jajaran Kodam XVI/Pattimura baik yang ada di wilayah Maluku maupun Maluku Utara.

Bacaan Lainnya

Upacara Peringatan tersebut, dilakukan dengan tujuan sebagai peneguhan Pancasila sebagai Ideologi Utama Bangsa Indonesia. Sejarah terbentuknya Hari Kesaktian Pancasila, tidak lepas dari peristiwa pemberontakan gerakan 30 September oleh PKI atau lebih dikenal dengan singkatan G30S/PKI yang ingin merubah ideologi NKRI. Karena itu, peringatan Hari Kesaktian Pancasila diperingati sehari setelah peringatan G30S/PKI.

Usai pelaksanaan upacara, Pangdam menyampaikan kepada seluruh peserta upacara bahwa, upacara yang baru saja dilakukan adalah sebagai pengingat sejarah sekaligus sebagai penguatan 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, di kalangan prajurit dan PNS sehingga tidak bisa digoyahkan dan tetap teguh untuk terus maju.

“Peringatan Hari Kesaktian Pancasila harus kita jadikan momentum untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme serta nilai-nilai pancasila yang dimaknai sebagai semangat untuk memperkuat jati diri bangsa”, tutur Pangdam.

Turut hadir dalam upacara, Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi, Irdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Muhamad Dadang Rukhiyana, Kapoksahli Pangdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Syaepul M Ginanjar, para asisten Kasdam XVI/Pattimura, para pamen ahli Pangdam XVI/Pattimura serta para Kabalak dan Dansat yang ada di wilayah kota Ambon.

banner banner

Pos terkait