Dorong Percepatan Penyusunan RKP Desa DPMD Bulukumba Lakukan Pendampingan

Bulukumba, Indolensa.com – Pemerintah Kabupaten Bulukumba terus memperkuat komitmen mereka dalam mendukung pembangunan desa dengan melakukan pendampingan aktif dalam penyusunan Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP) Desa, dilaksanakan di Mattirowalie Kec. Kindang Kab. Bulukumba, Sabtu,9 September 2023.

RKP Desa adalah landasan penting yang memandu perkembangan desa, merumuskan kebijakan pembangunan, serta mengarahkan pencapaian visi dan misi desa, ini diperkuat oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 114 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa.

Bacaan Lainnya

Hal ini menjadi bukti konkret dari upaya Pemerintah Kabupaten Bulukumba yang semakin meneguhkan perannya dalam pengembangan wilayah ini.

Dalam rangkaian kegiatan ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bulukumba mengucapkan apresiasi yang tinggi terhadap semangat para tim penyusun RKP Desa yang mewakili 12 Desa di Kecamatan Kindang. Hal ini menjadi pencapaian yang luar biasa karena pendampingan semacam ini belum pernah dilakukan sebelumnya oleh DPMD Kabupaten Bulukumba.

Plt. Kepala DPMD Kabupaten Bulukumba, A.uke indah permata sari,S.STP. M.Si
mengungkapkan tujuan dari langkah ini adalah untuk mempercepat proses penyusunan dan penetapan RKP Desa, sehingga dapat selesai sesuai target waktu, yaitu tanggal 31 September 2023.

” Ini merupakan langkah progresif yang didorong oleh DPMD Kabupaten Bulukumba untuk mendukung perkembangan desa-desa di wilayah ini” tutur A. Uke”

Selain itu A.Uke juga menekankan bahwa program inovatif ini dipersembahkan kepada seluruh desa di Bulukumba, Harapannya adalah dapat memaksimalkan percepatan pembangunan sehingga semua desa dapat menyelesaikan penyusunan RKP Desa tepat waktu.

“Kami akan terus mendukung program berkelanjutan ini, sehingga desa-desa tidak perlu lagi melakukan perjalanan jauh ke kantor DPMD,” dengan tekad untuk membuat proses ini semakin efisien dan efektif.A.Uke

Langkah DPMD Kabupaten Bulukumba ini adalah bukti konkret dari upaya mereka untuk memajukan desa-desa di wilayah ini. Hal ini memperkuat harapan semua masyarakat Bulukumba bahwa pembangunan yang berkelanjutan akan segera terwujud.

Salah satu Tim penyusun RKP Desa dari Desa Kindang turut menyampaikan sambutan baiknya terhadap apa yang dilakukan oleh DPMD Bulukumba.

“Kami dari perangkat Desa sekaligus Tim penyusun RKPDes, tentunya sangat menyambut baik apa yang di lakukan DPMD ini karena ini memang lebih mempermudah dan mempercepat kami dalam menyusun rencana kerja Tahun 2024, dan kami berharap ini bisa berkelanjutan, tutur Sekertaris Desa Kindang. (Ar)*

banner banner

Pos terkait