PEDULI ANAK NEGERI, BRIGJEN SAID LATUCONSINA LAKSANAKAN SOSIALISASI PENERIMAAN PRAJURIT TNI AL DI SAPARUA

Maluku, Indolensa – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina M.M., M.T., M.Tr. Opsla laksanakan Sosialisasi Penerimaan Prajurit TNI Angkatan Laut bertempat SMA Negeri 7 Maluku Tengah, Kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah.

Kegiatan sosialisasi yang dihadiri oleh pelajar SMA sederajat beserta orang tuanya ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenalkan TNI Angkatan Laut kepada masyarakat, sekaligus penjelasan hal yang perlu dipersiapkan sebelum mengikuti seleksi penerimaan prajurit TNI Angkatan Laut.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan tersebut dijelaskan mengenai prosedur serta persyaratan yang untuk mendaftar sebagai prajurit TNI Angkatan Laut, meliputi persyaratan administrasi, kesehatan, psikologis dan kebugaran jasmani.

Brigjen Said Latuconsina dalam penjelasannya kepada peserta sosialisasi mengatakan kondisi Provinsi Maluku memiliki luas wilayah laut 92,4% artinya wilayah darat yang selama ini dihuni sekaligus sebagai tempat beraktifitas hanya 7,6% dari seluruh wilayah Maluku, harusnya putra putri Maluku memiliki orientasi pemikiran bahwa sumber kehidupan Maluku lebih banyak tersimpan di laut, sehingga laut harus dijaga dan dikelola dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat Maluku.

Brigjen Said Latuconsina juga mengajak putra putri di Saparua untuk mau bergabung menjadi prajurit TNI AL sebagai pengawal samudera, penjaga kedaulatan dan menegakkan hukum di laut yurisdiksi nasional, termasuk wilayah laut Provinsi Maluku.
Jika lautan kita terjaga keamanannya dari berbagai tindakan kejahatan dan pelanggaran maka secara tidak langsung memberikan konstribusi positif kepada pemerintah, pelaku usaha maupun masyarakat untuk mengelolanya dengan baik.

Tim sosialisai penerimaan prajurit TNI AL yang dipimpin oleh Mayor Laut (PM) Purbo dalam memberikan materi sosialisasi menjelaskan secara detail apa yang harus dipersiapkan sebelum mengikuti seleksi meliputi kesiapan administrasi, kesehatan, fisik, kesiapan menghadapi psiko tes, termasuk pemahaman tentang alur dan prosedur pendaftaran TNI Angkatan Laut.

Sosialisasi yang dilaksanakan di ruang serbaguna SMAN 7 Maluku Tengah diikuti oleh pelajar dari beberapa sekolah SMA dan SMK di Kecamatan Saparua.
Selain pelajar SMA juga hadir Camat Saparua, Danramil, Kapolsek dan guru-guru serta para orang tua siswa.

Kegiatan sosialiasi yang masif dilakukan oleh Lantamal IX di kabupaten kota se Provinsi Maluku sebagai wujud perhatian dan kepedulian Danlantamal IX kepada putra putri Maluku agar mau bergabung menjadi prajurit TNI AL dan sejak awal telah mempersiapkan dirinya dengan lebih baik sebelum mengikuti seleksi penerimaan, agar lebih siap dan berpeluang lolos seleksi.

banner banner

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *