Desa Purwosari Adakan Sosialisasi Cegah Kekerasan pada Perempuan & Anak

Nagan Raya – Pemerintah Gampong (Desa) Purwosari Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya mengadakan Sosialisasi Pencegahan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak.

Kegiatan yang dilaksanakan bersama Relawan Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) tersebut berlangsung di Balai Musyawarah Gampong Purwosari, Senin (21/08/2023) dan dihadiri Kabid PPPA Dinas DPMGP4 Kabupaten Nagan Raya, Masitoh, SKM.,MKM, Ketua Relawan SAPA, Agus Wandi, SE dan Relawan SAPA, Widya Wati, SE, serta masyarakat gampong setempat.

Bacaan Lainnya

Sebagaimana diketahui, Gampong Purwosari adalah desa binaan Kementrian Pemberdayaan Perempuan sebagai pilot project Desa Ramah Perempuan Peduli Anak (DRPPA).

Pada kesempatan itu, Plt. Keuchik Gampong Purwosari, Fitri Ningsih saat membuka acara tersebut menjelaskan, bahwa acara itu dilaksanakan untuk melindungi perempuan dan anak serta memberikan rasa aman dalam pemenuhan hak-haknya dengan memberikan perhatian yang konsisten dan sistematis.

“Yang mana nanti hal ini ditujukan untuk mencapai kesetaraan gender seperti berkurangnya kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, serta meningkatnya kualitas layanan perlindungan khususnya kepada perempuan dan anak,” ujar Fitri.

Kemudian tersebut dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang “Dampak Psikologis Kekerasan Pada Perempuan Dan Anak,” oleh Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Dinas DPMGP4 Kabupaten Nagan Raya, Masitoh, SKM.,MKM.

Dalam materinya, Masitoh menyampaikan, kekerasan terhadap perempuan dan anak dapat memiliki dampak psikologis dan berbagai reaksi negatif lainnya.

Jika itu terjadi, menurutnya, diperlukan waktu yang lama untuk memulihkan si korban.

“Saya berharap kepada warga Gampong Purwosari yang mengalami kekerasan dapat melaporkan kepada Puspaga ataupun Relawan Sapa Gampong Purwosari agar dapat di carikan jalan keluar dari persoalan yang ada,” pinta Kabid PPPA, Masitoh.

banner banner

Pos terkait