Semarak Pesta Rakyat Memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-78

Nagan Raya – Usai Upacara Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, berbagai pesta rakyat dilaksanakan di Alun-alun Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya, Kamis (17/08/2023).

Adapun pesta rakyat yang digelar ini meliputi panjat pinang, panjat pinang kemiringan 45 derajat, tangkap bebek, perang bantal, serta sejumlah event lainnya.

Bacaan Lainnya

Untuk peserta tangkap bebek diikuti 29 orang, perang bantal 32 orang, panjat pinang 18 tim dengan 9 pohon pinang, serta pohon pinang kemiringan 45 derajat 2 tim dengan 1 pohon pinang, sedangkan pendaftaran sendiri telah dibuka mulai 10 hingga 16 Agustus 2023 kemarin.

Berdasarkan pantauan di lokasi kegiatan, terlihat masyarakat yang diperkirakan mencapai ribuan orang sangat antusias menyaksikan berbagai perlombaan.

Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas AP, S.Sos., M.Si mengatakan bahwa pesta rakyat yang dilangsungkan tersebut dalam rangka memeriahkan peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia.

“Pesta rakyat ini diadakan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan, selain itu juga untuk menggerakkan perekonomian warga serta membangkitkan UMKM di Kabupaten Nagan Raya,” ujar Fitriany.

Sementara itu, Sekretaris Daerah, Ir. H. Ardimartha yang merupakan Ketua Umum Panitia Peringatan Hut ke-78 Republik Indonesia berharap dengan adanya perayaan tersebut mampu memberikan semangat untuk terus bersama-sama memajukan Kabupaten Nagan Raya.

“Semoga dengan kegiatan ini mampu memberikan ruang gerak kepada masyarakat dalam mengekspresikan diri melalui permainan rakyat, seni budaya dan tradisi kesenian daerah,” harap Sekda Ardimartha.

Untuk diketahui, pemberian hadiah pemenang pesta rakyat ini akan dilakukan pada resepsi kesenian, yaitu pada Jum’at 18 Agustus 2023 pukul 19.30 WIB (malam Sabtu) dan ditampilkan juga parade kebaya DWP SKPK Nagan Raya, monolog Cut Nyak Dhien, tari kreasi, dan kesenian lainnya yang bertempat di GOR Alun-alun Suka Makmue.

banner banner

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *