Pj Bupati Malteng Menghadiri Pelatihan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bagi Dosen, Guru Dan Mahasiswa

Maluku Tengah, Indolensa – Pj Bupati Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Muhamat Marasabessy, SP., ST., M.Tech. mengikuti kegiatan kapasitas pengguna riset dan inovasi untuk masyarakat tahun 2023 berupa, Pelatihan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bagi Dosen Guru Dan Mahasiswa Di Kabupaten Maluku Tengah.

Menyikapi Pemberitaan Media Mapikor dan Media lainnya ;Kapus Kairatu Angkat Bicara.
Kegiatan Pelatihan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bagi Dosen Guru Dan Mahasiswa Di Kabupaten Maluku Tengah tersebut berlangsung di Isabella Hotel, Jln, Manusela. No 17. Kelurahan Namasina, Masohi, Maluku Tengah. Senin 14/08/23.

Bacaan Lainnya

Pj Bupati Maluku Tengah (Malteng) Dr. Muhamat Marasabessy, SP., ST., M.Tech. dalam sambutan tertulisnya yang di bacakan oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan, RJ Hetharia. SE, mengajak kita semua untuk senatiasa memanjatkan pujian dan syukur kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan ridhoNya sehingga kita masih diberikan kekuatan dan kesempatan untuk menghadiri Pelatihan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bagi Dosen, Guru dan Mahasiswa di Kabupaten Maluku Tengah, dalam keadaan sehat wal’afiat.

Selain itu, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah, saya sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Ibu Mercy Barends, ST Anggota Komisi VII DPR RI dan Badan Riset dan Inovasi Nasional, yang telah menggelar pelatihan Karya Tulis Ilmiah bagi Dosen, Guru dan Mahasiswa di Kabupaten Maluku Tengah menambah keilmuan dalam membuat Karya Tulis Ilmiah.

“Tentunya kegiatan ini menjadi wadah edukasi bagi para Dosen, Guru dan Mahasiswa di Kabupaten Maluku Tengah untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menyusun karya tulis ilmiah.” kata Marasabessy, dalam sambutan tertulisnya.

Dikatakan, pelatihan ini akan membawa manfaat luas bagi perkembangan akademik dan kemajuan ilmiah di Kabupaten Maluku Tengah dan Indonesia yang sama-sama kita cintai.

“Terselenggaranya Pelatihan Karya Tulis Ilmiah di Kabupaten Maluku Tengah menjadi suatu kehormatan tersendiri bagi kami, karena Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah sangat membutuhkan pemikiran-pemikiran yang cerdas dan kritis dari masyarakat dalam mendukung kemajuan pembangunan daerah ini kedepannya, sehingga diperlukan pelatihan karya tulis ilmiah untuk membangun pemikiran kritis.” ungkap Marasabessy.

Orang nomor satu di Maluku Tengah itu juga menjelaskan bahwa, karya tulis ilmiah merupakan tolok ukur terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi suatu bangsa.

“Karya tulis ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal internasional merupakan salah satu ukuran penting untuk melihat kualitas penelitian di sebuah negara.” paparnya

Terkait itu, lanjutnya, kemampuan menulis dan mempublikasikan karya tulis ilmiah merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di daerah.

“Menulis karya ilmiah tentunya perlu kemampuan yang cukup dan perlu tata tata penulisan.” ujar orang nomor satu di Maluku Tengah Itu.

Olehnya itu, tambahnya, dengan diadakannya pelatihan ini selain dapat menambah ilmu dan wawasan Dosen, Guru dan Mahasiswa terkait karya tulis ilmiah, hal ini juga dapat menjadi gebrakan baru bagi para Dosen, Guru dan Mahasiswa untuk melakukan penelitian lebih banyak lagi dan lebih dalam lagi di dalam dunia pendidikan.

“Pelatihan ini juga menjadi salah satu sarana yang tepat dalam upaya peningkatan kompetensi sumber daya manusia sebagai agen transformasi di Kabupaten Maluku Tengah.
Kepada seluruh peserta pelatihan, kami merasa senang mengikuti Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah.” ucap Marasabessy masih dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan, RJ Hetharia. SE

Tak hanya itu, menurut Marasabessy, Pelatihan ini adalah kesempatan yang baik bagi bapak/ibu Dosen, Guru dan Mahasiswa untuk mencari tahu sebanyak-banyaknya informasi yang perlu diketahui dari narasumber untuk dimanfaatkan sebagai bekal penulisan karya ilmiah.

Dirinya juga berharap, para peserta dapat menantang pelatihan hari ini dan akhirnya semakin termotivasi untuk mengaplikasikannya dalam riset untuk kepentingan daerah bahkan nasional serta menunjukkan bahwa Maluku Tengah siap membuat karya-karya terbaik bagi Indonesia.

Sebelum menutup sambutannya, Marasabessy mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Ibu Mercy Barends, ST Anggota Komisi VII DPR RI dan Bapak Asep Saepudin, SE, M.Si selaku Koordinator Bimbingan Teknis DRID-BRIN, atas komitmen dan perhatian yang besar bagi Pemerintah Daerah dan masyarakat Maluku Tengah dalam upaya bersama untuk peningkatan kualitas SDM di Kabupaten Maluku Tengah.

“Kiranya dengan pelatihan penyusunan Karya Tulis Ilmiah ini dapat semakin mencerdaskan kehidupan bangsa, terutama meningkatkan kualitas SDM Maluku Tengah yang semakin kompeten dan tangguh menghadapi kemajuan IPTEK.” menyimpulkan.

Turut Hadir, Anggota Komisi VII DPR RI, Mercy Barends, ST, Koordinator Bimbingan Teknis – DRID – BRIN, Asep Saepudin, SE, M.Si. Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Maluku Tengah Peneliti Ahli Madya pada Pusat Riset Laut Dalam-BRIN, Ir. Voulda Dorencia Loupatty dan Peserta Pelatihan lainnya.

banner banner

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *