57 Siswa Kejuruan Polisi Militer Kodiklatal Perkuat Keluarga Besar POM TNI AL

Surabaya,IndoLensa.com – Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) kembali memperkuat jajaran Polisi Militer TNI AL (Pomal), Usai 57 Siswa Kejuruan Polisi Militer (Pomal) mendapat penganugerahan Baret Korps Pomal dalam upacara pembaretan yang dipimpin langsung Komandan Pusat Polisi Militer TNI Angkatan Laut (Danpuspomal) Laksamana Muda TNI Samista, S.H. di Lapangan Dharma Wira Satya Pusdikpomal Kodiklatal Bumimoro, Surabaya, Jumat (4/8/2023).

Tercatat 57 Siswa Kejuruan Polisi militer dianugerahi Baret Korps Pomal. Mereka terdiri dari 32 Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan 25 Sswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan XLII/2 TA 2022. Turut menyaksikan Tradisi Penganugerahan Baret Korps Pomal yakni Wadan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Supardi, mewakili Komandan Kodiklatal Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono. Berikutnya Irkodiklatal Brigjen TNI Marinir Amir Faisol, para Direktur , para Dankodik, Danpusdikpomal, Para Danpusdik jajaran Kodiklatal, serta Dandenma, Kadispen Kodiklatal, Juga jajaran Danpom TNI AL Wilayah Surabaya.

Bacaan Lainnya

Dalam amanatnya Danpuspomal menyampaikan “Bahwa upacara penganugerahan baret bukan sekedar seremonial semata namun salah satu implementasi pembinaan Korps Pomal yang menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dalam bentuk pembinaan karakter, penanaman rasa kebanggaan dan kehormatan diri serta kecintaan kepada korps”.

Ditambahkannya jika pembaretan atau penganugerahan ini menjadi bagian penting dan tidak terpisahkan dari perjalanan hidup seorang Prajurit Pomal yang berjiwa Wijna Wira Widhayaka, penegak hukum kesatria arif dan bijaksana sekaligus menumbuhkan jiwa korsa dan kebersamaan.

“Ini adalah suatu bentuk penghargaan , bentuk dari suatu pencapaian dari perjuangan selama ini dalam menumbuhkan nilai-nilai jiwa korsa dan kemampuan untuk menjadi Prajurit Polisi Militer Angkatan Laut yang Handal dan selalu siap serta berhasil di setiap penugasan,” tegas Danpuspomal.

Sementara itu upacara penganugerahan baret korps Pomal diwarnai dengan tradisi pemberian air bunga oleh Danpuspomal yang disiramkan ke kepala salah satu siswa. Ini merupakan simbol doa restu dari orang nomor satu di jajaran Pom TNI AL kepada seluruh siswa , atas diterimanya mereka menjadi bagian dari keluarga besar Pomal. Selanjutnya Danpuspomal mengenakan baret biru Pomal kepada siswa. Momen ini juga digunakan Danpuspomal untuk melaksanakan penanaman Pohon Baubab di lahan Pusdikpomal.

( Gtot )

banner banner

Pos terkait