Dankodiklatal Hadiri Pengukuhan Tiga Alutsista Yang Memperkuat Pasukan Rajawali Laut TNI AL

oleh -6 Dilihat

Surabaya,indoLensa.com – Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono, bersama Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Etta Suhartono, menghadiri acara pengukuhan tiga alutsista yang akan memperkuat pasukan Rajawali Laut yakni julukan bagi para Penerbang TNI Angkatan Laut yang berada di bawah komando Puspenerbal.

Pengukuhan tiga alutsista tersebut yakni Pesawat udara (Pesud) CN-235-220 MPA sebanyak satu unit, pesawat latih Piper Archer PA-28-181 sebanyak tiga unit, serta satu unit Heli Bell 505 jet ranger TNI AL. Digelar di Base Ops Lanudal Juanda, Kamis (19/1), acara pengukuhan dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E.,M.M.,M.Tr.Opsla didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Fera Muhammad Ali.

Kasal dalam amanatnya menyampaikan bahwa dalam menyelenggarakan operasi laut yang efektif, unsur udara memiliki peran yang sangat penting yaitu sebagai kepanjangan mata dan tangan dari Armada kapal perang, dengan memanfaatkan keunggulan yang dimiliki berupa kemampuan dalam hal kecepatan dan manuver yang akan memberikan efek menguntungkan bagi pelaksanaan operasi.

Dikutip dari siaran pers Dispen Puspenerbal, Pesud CN 235-220 MPA diproduksi oleh PT. Dirgantara Indonesia yang mampu terbang di ketinggian 25.000 kaki.Dilengkapi dengan Flir Radar dan kecepatan jelajah lebih dari 180 knot membuat pesawat ini dapat dengan cepat mendekati target sasaran musuh yang akan dicari.

Sementara Heli Bell -505 pabrikan dari Bell Textron Kanada ini, merupakan helikopter latih dasar bagi pilot yang belum mempunyai jam terbang, dikenal ekonomis dan efisien bahan bakar sadar lingkungan serta dilengkapi dengan rangkaian avionis yang canggih. Heli Bell-505 merupakan jenis helikopter bermesin tunggal namun memiliki tenaga (shaft horse power) dan blade span yang besar. Sedangkan pesawat latih Piper Archer PA-28-181 telah dilengkapi dengan Electronic Stability Protection (ESP) yang berfungsi menjadikan peswat lebih stabil dalam bermanuver di udara.

( Gtot )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.