Direktorat Reserse Polda Jatim Meringkus Komplotan Pengedar Uang Palsu (Upal)

Surabaya, IndoLensa.com – Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Timur mengungkap peredaran uang palsu dan produksi di wilayah Cigugur Girang Kampung Cipanjak Bandung Barat. berikut barang bukti, jika misalkan uang asli senilai Rp 2 miliar.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Toni, mengatakan bahwa penangkapan pada tersangka M tersebut yang dilakukan oleh Polres Kediri di Desa Krandang Kecamatan Kras Kediri. Awalnya, hal tersebut diketahui setelah polisi mendapatkan informsi soal peredaran uang palsu sebanyak Rp 9.700.000 juta, pada Jumat, (14/10/2022).

Bacaan Lainnya

“Kemudian polisi menindak lanjuti dan berhasil diamankan para tersangka lain, setelah dikembangkan dengan mengamankan tersangka 11 orang,” ujar Irjen Pol Toni saat ungkap kasus di Mapolda Jatim, Kamis (3/11/2022).

Seperti yang disampaikan Kapolres Kediri AKBP Agung bahwa saat ini dari hasil pengembangan penyelidikan, Petugas telah mengamankan kurang lebih 11 tersangka.

“Mulai dari pengedar uang palsu, manajer untuk produksi uang palsu serta Pendanaanya uang palsu tersebut,” ungkap AKBP Agung.

“Dari 11 tersangka membuat uang palsu kita amankan di peralatan yang pertama di Kabupaten Kediri, ada juga kami kembangkan kembali di wilayah Jawa tengah, lalu kita kembangkan lagi di Jakarta dan kita kembali lagi tempat produksinya di Cimahi Jawa Barat”. Kata AKBP Agung.

Dari hasil barang bukti yang di sita Polisi saat ini antara lain alat produksi mesin pencetak yang dipakai komplotan tersangka untuk mencetak uang palsu.

“Kita berhasil amankan ada 55 item Barang bukti, yang ada di samping sebelah kiri kita dan uang yang berhasil kita amankan yang tersisa di beberapa pelaku jumlah kurang lebih 800 juta” terang AKBP Agung.

“Kami sampaikan bahwa untuk pelaku uang palsu ini mulai mencetak uang palsu mulai bulan Maret sampai dengan April 2022, yang tercetak hasil keterangan dari pelaku adalah kurang lebih 2 miliar” jelasnya.

( Gtot )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *