Kodiklatal, Ster TNI Gelar Pembinaan Kemampuan Kader Aparat Teritorial TNI Integratif TA 2022

Surabaya, Indolensa.com – Staf Teritorial (Ster) TNI menggelar kegiatan Pembinaan Kemampuan Kader Aparat Teritorial TNI Integratif TA 2022 , yang dibuka Aster Panglima TNI Mayjen TNI Purwo Sudaryanto bertempat di Gedung R.E. Martadinata, Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Senin (22/8/2022).

Ditandai pemasangan tanda peserta oleh Aster Panglima TNI, kegiatan pembinaan kemampuan para kader aparat teritorial ini diikuti sebanyak 50 peserta yang terdiri dari 45 personel Bintara dari satuan TNI AL di wilayah Surabaya, dan lima personel Bintara dari satuan TNI AD wilayah Surabaya. Para peserta akan mengikuti pembinaan selama kurang lebih satu minggu, tepatnya dari tanggal 22 hingga 27 Agustus 2022 di Kodiklatal.

Bacaan Lainnya

Tampak hadir mengikuti acara pembukaan antara lain Wadan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi mewakili Dankodiklatal, Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono. Berikutnya Waaspotmar Kasal Laksma TNI Rudhi Aviantara, Dirdik Kodiklatal Laksma TNI Ali Triswanto, Dirum Kodiklatal Laksma TNI Gatot Hariyanto, Kadispotmar TNI AL Laksma TNI Suradi. Juga hadir Aster Kasdam V Brawijaya, Aspotmar Koarmada II, Kadispotmar Lantamal V, Paban II Ster , dan Pabandya III Orpenak.

Menurut Aster Panglima TNI, kegiatan pembinaan kemampuan teritorial integratif merupakan salah satu upaya dalam memberikan pengetahuan bagi satuan dan personel mengenai pembinaan kewilayahan dan aplikasinya di lapangan.

“Yang nantinya sebagai satuan kerja TNI dan kader apkowil / apnonkowil TNI, siap dan mampu bertugas dalam pemberdayaan wilayah pertahanan. Sehingga tercipta ruang juang, alat juang, kondisi juang yang tangguh guna menghadapi ancaman dan gangguan, termasuk dalam upaya mendukung program/kegiatan percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, “ terang Mayjen Purwo Sudaryanto sewaktu menyampaikan sambutan.

Mayjen Purwo Sudaryanto juga mengingatkan kembali bahwa tugas pembinaan teritorial TNI ke depan tidaklah semakin ringan. “Bahkan menuntut kesiapan dan kematangan aparat teritorial TNI dalam menjalankan tugasnya sehingga dapat berperan aktif dan konstruktif, serta mampu bersinergi dengan pemerintah daerah dan instansi terkait menghadapi permasalahan sosial, kesehatan dan pendidikan, serta permasalahan lainnya guna membantu pemerintah daerah meningkatkan percepatan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, “tegasnya.

Terpisah Dankodiklatal menyambut positif pelaksanaan pembinaan tersebut, dan berharap para peserta dapat manfaatkan momentum kegiatan ini sebagai sarana menambah ilmu dan wawasan tentang teritorial TNI, sehingga mampu terbangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi ancaman seperti yang ditegaskan dalam perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono.

( Gtot )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *