Berlian Kasih. Wagub Emil Susur Kalimas, Rute Dermaga Laksamana hingga Perak

Surabaya, https://benuanews.com — Dalam rangkaian Bersih Lingkungan Kali Bersih (Berlian Kasih). Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak bersama Pangkoarmada II T.N.S.B. Hutabarat, menyusuri Kalimas dengan rute Dermaga Laksamana di Jl. Yos Sudarso hingga daerah Perak.

Pada kesempatan itu, Emil menyatkan Kalimas bakal dikenal dan memukau hati mancanegara layaknya Thames, Sumida, serta Seine.

Bacaan Lainnya

Bahkan Emil meyakini Kalimas dapat memperkuat julukan Surabaya sebagai Navy City. Ia pun berharap, Kali Mas, yang sempat ia juluki Golden River, ke depannya jadi trademark dari Kota Pahlawan.

“Sebuah kota dikenal dari sungainya yang indah dan berguna,” kata Emil. sembari mencontohkan beragam sungai yang jadi ciri khas kota di dunia. Seperti sungai Thames di London, Sumida di Tokyo, dan sungai Seine di Paris.

“Kali Mas, yang merupakan anak sungai Brantas, memiliki fungsi yang sangat krusial bagi kehidupan masyarakat Jawa Timur, dan Surabaya pada khususnya,” ungkapnya.

Karenanya, Emil berpesan kebersihan kali harus terjaga, untuk melestarikan lingkungan dan kualitas hidup masyarakat. Apalagi, Kali Mas sudah jadi salah satu wahana wisata air.

“Kalimas menjadi wisata air ini menambah semangat masyarakat untuk turut memperhatikan lingkungan,” sebut Emil.

Mantan Bupati Trenggalek itu mengungkapkan, cara untuk gayeng menjaga kebersihan Kalimas bukan hal yang sulit. Yakni tidak sembarang membuang sampah ke bantaran dan aliran sungai. Utamanya masyarakat yang ada di bagian hulu. Kemudian melakukan kegiatan rutin pembersihan kali.

“Agar ekosistem ini bisa terjaga dan selalu resik, beban pencemaran jangan sampai mengalir dari hulu ke hilir. Masyarakat layaknya bisa terus peduli dan gotong royong dalam kegiatan seputar kebersihan, terutama di wilayah hulu,” ajaknya.

Bersama Wagub Emil, Pangkoarmada II yang akrab disapa Coky Hutabarat mengaku tersentuh atas intensnya partisipasi masyarakat dalam membersihkan Kali Mas.

Ia berharap, semangat masyarakat untuk memelihara kebersihan perairan di Jatim dapat senantiasa terpupuk dan terjaga.

“Kami melakukan semata-mata karena kami merasa harus, karena air ini juga milik kita bersama. Karenanya kami merasa begitu tersentuh dengan dukungan masyarakat hari ini,” tukasnya.

@Red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *